Headlines News :
Home » » KURIKULUM MINGGU 1

KURIKULUM MINGGU 1

KRU:
1. MC
2. Bintang tamu: Pawang/pelatih akrobat gajah (pakai baju coklat dan topi koboi, serta cambuk)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman

TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak dapat mengerti apa arti TAAT
dan jika ia taat jadi anak hebat.

MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini adalah ketaatan.Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...

T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: "AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.

MC: Sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya???
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Pawang Gajah (bertugas memimpin games dan icebreaker)
GAMES 1 :
Bombom berkata
Permainan ini dimainkan dengan cara guru menyebutkan perintah yang harus dilakukan oleh anak, dengan gerakkan, syaratnya di awal perintah, guru mengatakan “Bombom berkata….mis: lompat 2 kali di tempat, bertepuk tangan dsb. Anak-anak harus melakukan perintah tersebut sebagai tanda dari ketaatan mereka. Tetapi jika guru hanya mengatakan perintah tanpa disertai “Bombom berkata” maka perintah tersebut jangan dilakukan, dan jika melakukannya anak mendapat hukuman.(hukuman tergantung pada kebijakan guru)

GAMES 2:
Perintah 1: Ikuti gerakan saya, jangan ikuti kata-kata saya.
Nyanyikan lagu: Tangan ke depan, tangan ke samping, tangan ke atas, ayo tepuk tangan
Pawang gajah menyanyikan lagu ini dengan gerakan yang berlainan dengan kata-kata dalam lagunya.
(mis: tangan ke atas, tapi gerakannya tangan ke bawah, dst..)
Perintah 2: Ikuti kata-kata saya, jangan ikuti gerakan saya.
sama dengan perintah 1, hanya anak-anak harus ikut kata-katanya, bukan gerakannya. Pawang gajah menyanyi dengan gerakan yang berbeda dengan kata-kata lagunya.
Anak-anak yang tidak mengikuti perintah, bisa diberi sangsi maju ke depan menyanyi atau menari...atau yang paling bisa taat dapat hadiah.

Pawang Gajah: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bekerja melatih gajah,
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini:
"AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuahan Yesus....

LAGU:
Nyanyikan lagu tema
- Anak-Anak Milik Kristus
- Anak Skolah Minggu dengar-dengaran
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Mata Tuhan Melihat
- Kumau spertiMu Yesus

CERITA
Si Bombom Gajah yang Taat”

Selamat datang adik-adik. Hari ini kita semua akan memasuki perkampungan gajah (tunjukkan gambar gajah bisa pakai multimedia atau dibuat di kertas karton). Ayo siapa yang tahu gajah tinggalnya dimana?....hutan (benar), gajah itu tinggalnya di hutan, dan siapa yang tahu makanan gajah itu apa?.....(apa .. nasi goreng…! sambil bercanda, salah), yang benar adalah rumput dan tumbuh-tumbuhan. Nah…. tahu tidak, kita keperkampungan gajah mau apa….!, kita ke sini mau ketemu Bombom yaitu si gajah kecil yang selalu taat.

(Sebelum cerita dimulai, kakak/guru terlebih dahulu menjelaskan definisi KETAATAN). Ketaatan adalah: Mendengarkan, Melakukan perintah dengan segera dan dengan senang hati melaksanakan perintah dari orang- orang yang bertanggung jawab atas kita. (murid diajak menirukan dan menghafal defenisi Ketaatan dan disetiap pertemuan selanjutnya mereka juga harus tetap diingatkan defenisi ketaatan sampai akhir dari tema ketaatan).

Nah…. Bombom ini adalah gajah yang paling kecil diantara saudara-saudaranya. Dia selalu taat kepada Orangtua dan kakak- kakaknya. Suatu saat, Bombom diambil oleh seseorang untuk dijadikan gajah sirkus. Setiap hari ia dilatih supaya nantinya menjadi gajah sirkus yang hebat. Bombom selalu TAAT mendengar dan melaksanakan perintah pelatihnya. Bombom juga punya teman yaitu Tamtam, tapi Tamtam selalu menganggap dirinya yang terhebat, sehingga dia tidak mau taat dan menganggap semuanya mudah dan semua bisa dia lakukan.

Suatu ketika kelompok sirkus ini melakukan pertunjukkan yang besar, dan yang menjadi bintang pertunjukannya adalah Tamtam dan si….. (kakak/guru bertanya pada murid) ya… dia adalah si Bombom. Tamtam dan Bombom dengan bergantian mulai melakukan atraksi-atraksinya. Tamtam mulai mencoba atraksi yang pertama yaitu duduk diatas kursi, ia berhasil dan Bombom pun mulai melakukan atraksi yang sama dan ia pun berhasil dengan hebat. Kemudian Tamtam mencoba melakukan atraksi yang ke dua, yaitu menendang bola masuk kedalam gawang, ia pun berhasil melakukannya. Bombom juga melakukan hal yang sama, dan hasilnya pun memuaskan. Akhirnya mereka berdua pun akan melakukan atraksi yang terakhir dan atraksi ini adalah atraksi yang ditunggu-tunggu oleh para penonton.

Mereka berdua pun melakukan atraksi yang terakhir, mereka harus menggelindingkan bola dengan kaki depannya. Kali ini Bombom yang mempunyai kesempatan untuk terlebih dulu melakukan atraksi ini dan Bombom pun berhasil menyelesaikannya dengan baik, dan penonton pun menyambut dengan tepuk tangan yang sangan meriah. Selanjutnya Tamtam pun melakukan atraksi yang serupa, akan tetapi ….. ups…sss….. Tamtam terjatuh dan ia dinyatakan tidak berhasil melakukan atraksi tersebut alias G-A-G-A-L gagal, dan itu menyebabkan ia merasa malu dan juga kesakitan, karena terjatuh. Kakak/guru bertanya pada murid “kenapa Bombom bisa berhasil dan kenapa Tamtam gagal?” Karena Bombom taat pada perintah pelatihnya, sedangkan Tamtam tidak berhasil karena ia tidak taat pada pelatihnya.

(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau taat bisa berhasil dan jadi yang terhebat, sedangkan kalau tidak taat sebaliknya ia akan gagal).

Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita Janda Nabi Yang Taat. II Raja-Raja 4:1-7. Karena taat, ia dan anak-anaknya mendapatkan keberhasilan.

AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
MC:Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang kedua, “WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE!AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT”.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.

Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman
Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.

Sebelum Pulang ingatkan kembali slogan hari ini:WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE! AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT
Share this post :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kurikulum sekolah minggu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger