Latest Products
Lagu Sekolah Minggu Worship: Aku milikmu

Lagu Sekolah Minggu Worship: Aku milikmu

Lagu Sekolah Minggu Worship: Aku milikmu
https://img.youtube.com/vi/CvF7FvIUmdo/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: Nabi Nuh (New Version)

Lagu Sekolah Minggu: Nabi Nuh (New Version)

Lagu Sekolah Minggu: Nabi Nuh (New Version)
https://img.youtube.com/vi/0VbLaXaVsvo/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: Sadrakh Mesakh Abednego

Lagu Sekolah Minggu: Sadrakh Mesakh Abednego

Lagu Sekolah Minggu: Sadrakh Mesakh Abednego
https://img.youtube.com/vi/qQV4PYSQyq0/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: satu orang buta

Lagu Sekolah Minggu: satu orang buta

Lagu Sekolah Minggu: satu orang buta
https://img.youtube.com/vi/AGWhTWuhz5M/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: saya laskar Kristus

Lagu Sekolah Minggu: saya laskar Kristus

Lagu Sekolah Minggu: saya laskar Kristus
https://img.youtube.com/vi/GW4MTqbREmo/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: sekolah minggu paling yahud

Lagu Sekolah Minggu: sekolah minggu paling yahud

Lagu Sekolah Minggu: sekolah minggu paling yahud
https://img.youtube.com/vi/jCj0-a_eMjo/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: semut binatang kecil

Lagu Sekolah Minggu: semut binatang kecil

Lagu Sekolah Minggu: semut binatang kecil
https://img.youtube.com/vi/1772U_HBkEI/default.jpg
View detail
Lagu Sekolah Minggu: Sukacita abadi

Lagu Sekolah Minggu: Sukacita abadi

Lagu Sekolah Minggu: Sukacita abadi
https://img.youtube.com/vi/iCvzos8aVTg/default.jpg
View detail
Lagu sekolah minggu: I N J I L

Lagu sekolah minggu: I N J I L

Lagu sekolah minggu: I N J I L
https://img.youtube.com/vi/5vcbOVfL2e4/default.jpg
View detail
Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 2

Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 2



Bahan Sekolah Minggu Seri 2 dalam flashdisc (usb) 8GB

Berisi:
- 40 Cerita Alkitab dari salomo, raja-raja sampai para nabi + cerita Penginjilan
- 12 Ide Acara Kreatif sekolah Minggu untuk membuat sekolah minggu Anda lebih seru
- 52 Video Ballooning Trick
- 52 E-Book coloring ++ Perjanjian Lama
- 32 E-Book coloring ++ Perjanjian Baru 
- E-Book Origami lebih dari 1500 halaman
- Bahan Paskah (Cerita dan naskah drama)
- Video Lagu Go Fish 
Silahkan yang belum punya...order by WA ya...

Rp.200.000


Bahan Sekolah Minggu Seri 2 dalam flashdisc (usb) 8GB

Berisi:
- 40 Cerita Alkitab dari salomo, raja-raja sampai para nabi + cerita Penginjilan
- 12 Ide Acara Kreatif sekolah Minggu untuk membuat sekolah minggu Anda lebih seru
- 52 Video Ballooning Trick
- 52 E-Book coloring ++ Perjanjian Lama
- 32 E-Book coloring ++ Perjanjian Baru 
- E-Book Origami lebih dari 1500 halaman
- Bahan Paskah (Cerita dan naskah drama)
- Video Lagu Go Fish 
Silahkan yang belum punya...order by WA ya...

Rp.200.000
Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 2
https://4.bp.blogspot.com/-eMfxfzRX4zY/WL5BnNWzvuI/AAAAAAAAEcE/RadaBM2ioh4xF1UrI-YWzEUPl1TAN0t8gCLcB/s72-c/Promo%2BFlasdisc%2B2.jpg
View detail
Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 1

Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 1


Bahan Sekolah Minggu Seri 1 dalam flashdisc 8GB

Berisi:
- 52 Cerita Alkitab dari penciptaan sampai Absalom dalam format powerpoint
- 52 Film Animasi Alkitab (no subtitle)
- Bahan Natal (berisi drama, naskah dan mp3 dubbing)
- Video aktifitas anak
- Video Games dan trik sulap
- Video lagu-lagunya Jana Alayra

Silahkan yang belum punya...order by WA ya...

Bahan Sekolah Minggu Seri 1 dalam flashdisc 8GB

Berisi:
- 52 Cerita Alkitab dari penciptaan sampai Absalom dalam format powerpoint
- 52 Film Animasi Alkitab (no subtitle)
- Bahan Natal (berisi drama, naskah dan mp3 dubbing)
- Video aktifitas anak
- Video Games dan trik sulap
- Video lagu-lagunya Jana Alayra

Silahkan yang belum punya...order by WA ya...
Flashdisc bahan Sekolah Minggu seri 1
https://3.bp.blogspot.com/-TvYyq0x22So/WL5Am9bbRkI/AAAAAAAAEb8/4OxlRM0pAEQiVdDypxL7Y0XCTjC-rPsOgCLcB/s72-c/17103755_10210773687969662_788554339571560268_n.jpg
View detail
KURIKULUM POWERPOINT

KURIKULUM POWERPOINT

Tujuan pembuatan materi ini adalah agar anak mengenal dan mencintai Alkitab sejak kecil. Materi dalam bentuk powerpoint. Silahkan diextract dengan winrar, kemudian open dengan powerpoint. Di bagian bawah setiap slide ada notes yang berisi penjelasan gambar. Kiranya materi ini bisa membantu guru-guru sekolah minggu dalam mempersiapkan pelayanan sekolah minggu, semakin baik lagi.
Bila ada pertanyaan seputar materi, atau ingin simulasi penggunaannya di kelas, silahkan email ke: yudipribadi@yahoo.com
Minggu 1

Tujuan pembuatan materi ini adalah agar anak mengenal dan mencintai Alkitab sejak kecil. Materi dalam bentuk powerpoint. Silahkan diextract dengan winrar, kemudian open dengan powerpoint. Di bagian bawah setiap slide ada notes yang berisi penjelasan gambar. Kiranya materi ini bisa membantu guru-guru sekolah minggu dalam mempersiapkan pelayanan sekolah minggu, semakin baik lagi.
Bila ada pertanyaan seputar materi, atau ingin simulasi penggunaannya di kelas, silahkan email ke: yudipribadi@yahoo.com
Minggu 1

KURIKULUM POWERPOINT
View detail
Video-Video yang bisa dipakai untuk cerita/Firman Tuhan

Video-Video yang bisa dipakai untuk cerita/Firman Tuhan

File-file video ini bisa dipakai sebagai tambahan untuk membawakan Firman atau sekedar ditonton lalu didiskusikan di kelas besar. Jangan lupa setelah ditonton, buat kesimpulan agar anak-anak mengerti apa makna dari film tersebut. Selamat mendownload, bila ada link yang mati, harap lapor atau isi comment ya. Thanks. JBU

Video Paskah:
"Ayah Mengorbankan Anaknya" format MPEG
link download
"Penebusan Yesus" (Animasi) format MPEG
link download
"Peter" (animasi) format FLV
link download
"Hukuman Neraka" cuplikan pendek format Mpeg
link download

Catatan:
File mpeg bisa diplay dengan media player atau media player klasik
File FLV hanya bisa diputar dengan FLV player atau Media Player Klasik
File-file video ini bisa dipakai sebagai tambahan untuk membawakan Firman atau sekedar ditonton lalu didiskusikan di kelas besar. Jangan lupa setelah ditonton, buat kesimpulan agar anak-anak mengerti apa makna dari film tersebut. Selamat mendownload, bila ada link yang mati, harap lapor atau isi comment ya. Thanks. JBU

Video Paskah:
"Ayah Mengorbankan Anaknya" format MPEG
link download
"Penebusan Yesus" (Animasi) format MPEG
link download
"Peter" (animasi) format FLV
link download
"Hukuman Neraka" cuplikan pendek format Mpeg
link download

Catatan:
File mpeg bisa diplay dengan media player atau media player klasik
File FLV hanya bisa diputar dengan FLV player atau Media Player Klasik
Video-Video yang bisa dipakai untuk cerita/Firman Tuhan
View detail
KURIKULUM MINGGU 2

KURIKULUM MINGGU 2

CREW IBADAH:
1. MC
2. Bintang tamu: Polisi (seragam polisi)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman
5. Pemeran Jill
6. Pemeran Jack
7. Pemeran Mama
(kalau krunya kurang, pemeran mama, jill, atau jack bisa merangkap pemimpin pujian, MC dan Bintang Tamu)
DEKORASI:
Tempelkan rambu-rambu lalulintas (cari di google) di dalam kelas.
TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
Sub Tema : Taat membawa selamat
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak tahu bahwa bila mereka TAAT, mereka pasti selamat dari bahaya. Dan mengajar mereka menjadi anak yang taat.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini masih tentang ketaatan. Nah, kalau minggu lalu bicara tentang anak taat itu anak hebat, sekarang kita bicara tentang anak yang taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...
T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
(Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.)

MC: Seperti biasa, sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya??? Oo siapa dia…(musik mengiringi datangnya tamu)
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Polisi (bertugas memimpin games dan icebreaker)
MC: Kenapa hari ini tamunya polisi ya? O..karena temanya tentang anak taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Kita tanya dulu yuk tugas-tugas pak polisi.
MC: Selamat Pagi (siang/sore) Pak Polisi
Polisi : Selamat pagi (siang/sore)
MC: Nah, sekarang, coba bapak terangkan apa sih tugas polisi
Polisi: Tugas polisi itu melindungi dan mengayomi masyarakat, termasuk anak-anak.
MC: Begini pak, kadang-kadang anak-anak takut sama polisi, kenapa begitu pak?
Polisi: Wah, itu salah. Polisi nggak usah ditakuti, yang takut sama polisi itu pasti penjahat atau orang yang melanggar peraturan. Polisi itu baik sama anak-anak, buktinya lihat tuh, polisi membantu anak-anak menyeberang supaya aman…Nah, supaya adik-adik nggak takut sama polisi, sekarang bapak/ibu akan mengajak adik-adik bermain ya….
GAMES :
Pada games ini, hampir sama dengan game pada pertemuan pertama, namun pada game ini guru memerintahkan murid untuk memegang salah satu anggota tubuh yang diperintahkan untuk dipegang. Misal: Guru berkata: kaki! Maka anak-anak harus dengan segera memegang kaki. (lakukan beberapa kali) kemudian guru dapat mengecoh, misal: pegang kaki, tapi guru memegang mulut) lakukan hal ini ditengah-tengah permainan. Tujuannya, agar anak tidak sembarangan mengikuti perintah, tetapi juga memberikan perhatian pada perintah yang diberikan.
Bisa juga sambil menyanyikan:
Kepala, pundak, lutut kaki, lutut kaki )2X
Daun telinga, mata hidung mulut
Semua diciptakan Tuhan
GAMES 2:
Anak-anak membuat barisan. Polisi menyiapkan karton berbentuk lampu lalulintas (merah, hijau, kuning). Sambil nyanyi “Jalan Serta Yesus” anak-anak memperhatikan rambu lalu lintas yang ditunjukkan polisi. Polisi boleh mengangkat lampu hijau, kuning, atau merah, bisa juga ditambah rambu yang lain, misalnya belok kanan, belok kiri, dll.
Polisi: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bertugas lagi, tetap semangat, rajin belajar dan selalu taati peraturan lalulintas.
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....(polisi keluar)

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuhan Yesus....

LAGU:
- Lagu tema
- Kudaki-daki
- Bila ku hadap kanan
- Mata Tuhan melihat
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Nabi Nuh
- Firman Tuhan Kudengar
DOA FIRMAN
Drama sebelum cerita
(Pembawa Firman masuk dengan mengenakan mantel hujan dan payung), Hai adik-adik! Apa kabar?...Wah hari ini kakak mau berangkat ke sekolah, tapi karena sudah mulai gerimis, kakak disuruh mama untuk pakai jas hujan dan….(sambil menunjuk sebuah payung, biarkan anak-anak yang menjawabnya). Kata mama, kalau hujan seperti ini aku harus pakai jas hujan dan payung, supaya baju dan sepatuku tidak basah dan yang paling penting supaya aku tidak sakit. Eh…tapi ternyata ada juga loh yang tidak mau taat/ nurut sama mamanya. Trus gimana ya akhirnya? Yuk kita simak ceritanya.

Mama Jack..Ayo bangun nak, udah jam enam. Nanti kamu telat loh.
Jack Aduh…bentar lagi deh ma… masih gelap kok…!lima menit lagi deh ma…
Mama Jack…sekarang lagi mendung, makanya langitnya kelihatan gelap. Kalau kamu tidak cepat nanti kamu bisa kehujanan loh…ayo bangun donk, bentar lagi Jill mau jemput tuh.
Jack Iya..iya… ini udah dibuka matanya (posisi masih tidur)
Mama Oh iya Jack, sekarang kan lagi musim hujan, mama udah siapin jas hujan dan payung. Jangan lupa dibawa ya Jack. Trus nanti jangan lupa sarapan dan sikat giginya ya, supaya kamu nanti tidak lapar dan bau mulut. Oh iya, mama harus ke sekolah adik kamu sekarang, mama berangkat dulu ya, jangan lupa dibawa jas hujan dan payungnya ya Jack supaya kamu tidak kehujanan dan sakit.
Jack Iya mama, Jack gak bakalan lupa deh tenang aja. (Dalam posisi tetap tertidur, tiba-tiba terdengar suara Jill yang memanggil Jack untuk berangkat sekolah, Jack yang kaget langsung terbangun terburu-buru, sampai lupa makan, mandi, dan gosok gigi).
Jill Jacky..Jacky..Jacky..aduh lama banget sih, jangan-jangan masih tidur lagi? Jacky..Ja..
Jack Iya..iya ada apa sih (keluar dengan santai) masih pagi udah teriak-teriak. Eh..(sambil melihat penampilan Jill)…haha..ha…ha.. (tertawa terbahak-bahak), Jill! Kamu ngapain pake jas hujan dan bawa payung, cuaca masih terang begini,

Jill (Menutup hidungnya) Jack…Jack…stop..stop! kamu belum sikat gigi ya? Tadi pas kamu tertawa mulut kamu bau sekali!
Jack Enak aja, udah tau, itu bau mulut kamu kali!
Jill Tidak kok, nih ya..Hah..Hah..sambil mengeluarkan nafas mulutnya, tuh kan gak bau, malahan wangi jeruk, karena aku gosok gigi pake odol rasa jeruk, coba kamu, berani gak cium bau mulut kamu sendiri?
Jack Berani! Nih ya..Hah..hah…(Jack tiba-tiba jatuh pingsan)
Jill Jack…Jack..tuh kan bener, kamu belum gosok gigi, ya udah yuk kita berangkat sekolah, nanti kita bisa terlambat nih. Yuk…
(Pemain keluar dari panggung)
(Adegan Saat pulang sekolah) (BERIKAN TANDA PAKAI KARTON atau tayang di Multi Media)
Jill Jack, di luar hujan loh! Kamu bawa jas hujan dan payung tidak?
Jack Ah ngapain, aku lari sebentar aja juga udah nyampe di rumah. Repot lagi pakai jas hujan dan payung.
Jill Ntar kamu sakit loh! Kita berdua aja yuk payungannya.
Jack Aduh…duh…(sambil memegang perutnya).
Jill Lho, kamu kenapa Jack? Sakit perut ya?
Jack Iya nih, lapar sekali, perutku jadi sakit.
Jill Tuh kan! Coba tadi kamu sarapan pagi, gak bakalan lapar deh.
Jack Iya nih, eh…aduh..duh..kok gigiku jadi ngilu ya (sambil memegang pipinya)..aduh..mama…sakit
Jill Tuh kan! Coba kamu tadi pagi sikat gigi, pasti sekarang kamu gak sakit, Ya uda yuk, aku antarin kamu ke rumah sekarang, supaya kamu bisa cepat-cepat ke rumah sakit sama mama kamu, yuk!
Jack Jill, terima kasih ya (sambil memegang pipinya dan perutnya) aku janji deh mau taat sama mama, kalau disuruh sikat gigi, sarapan, dan bawa payung, supaya aku selamat, tidak kena hujan dan kena penyakit!
Jill Betul itu Jack, yuk, kita pulang!
(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau kita, kita terhindar dari bahaya, sakit, dll. Kalau kita taat pasti selamat)
Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita NUH dan keluarganya yang taat, mendapat keselamatan dari bencana air bah yang menghancurkan seluruh bumi. (Bahan Kejadian 7 dan 8). Ceritakan sampai air bah datang dan mereka selamat.
AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
DOA
AKTIFITAS:
Kalau masih ada waktu bisa membuat aktifitas dengan kertas origami: membuat perahu atau payung.
MC:
Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang minggu ini, ““AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)””.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.
Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman

Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.
CREW IBADAH:
1. MC
2. Bintang tamu: Polisi (seragam polisi)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman
5. Pemeran Jill
6. Pemeran Jack
7. Pemeran Mama
(kalau krunya kurang, pemeran mama, jill, atau jack bisa merangkap pemimpin pujian, MC dan Bintang Tamu)
DEKORASI:
Tempelkan rambu-rambu lalulintas (cari di google) di dalam kelas.
TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
Sub Tema : Taat membawa selamat
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak tahu bahwa bila mereka TAAT, mereka pasti selamat dari bahaya. Dan mengajar mereka menjadi anak yang taat.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini masih tentang ketaatan. Nah, kalau minggu lalu bicara tentang anak taat itu anak hebat, sekarang kita bicara tentang anak yang taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...
T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
(Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.)

MC: Seperti biasa, sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya??? Oo siapa dia…(musik mengiringi datangnya tamu)
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Polisi (bertugas memimpin games dan icebreaker)
MC: Kenapa hari ini tamunya polisi ya? O..karena temanya tentang anak taat pasti selamat dan terhindar dari bahaya. Kita tanya dulu yuk tugas-tugas pak polisi.
MC: Selamat Pagi (siang/sore) Pak Polisi
Polisi : Selamat pagi (siang/sore)
MC: Nah, sekarang, coba bapak terangkan apa sih tugas polisi
Polisi: Tugas polisi itu melindungi dan mengayomi masyarakat, termasuk anak-anak.
MC: Begini pak, kadang-kadang anak-anak takut sama polisi, kenapa begitu pak?
Polisi: Wah, itu salah. Polisi nggak usah ditakuti, yang takut sama polisi itu pasti penjahat atau orang yang melanggar peraturan. Polisi itu baik sama anak-anak, buktinya lihat tuh, polisi membantu anak-anak menyeberang supaya aman…Nah, supaya adik-adik nggak takut sama polisi, sekarang bapak/ibu akan mengajak adik-adik bermain ya….
GAMES :
Pada games ini, hampir sama dengan game pada pertemuan pertama, namun pada game ini guru memerintahkan murid untuk memegang salah satu anggota tubuh yang diperintahkan untuk dipegang. Misal: Guru berkata: kaki! Maka anak-anak harus dengan segera memegang kaki. (lakukan beberapa kali) kemudian guru dapat mengecoh, misal: pegang kaki, tapi guru memegang mulut) lakukan hal ini ditengah-tengah permainan. Tujuannya, agar anak tidak sembarangan mengikuti perintah, tetapi juga memberikan perhatian pada perintah yang diberikan.
Bisa juga sambil menyanyikan:
Kepala, pundak, lutut kaki, lutut kaki )2X
Daun telinga, mata hidung mulut
Semua diciptakan Tuhan
GAMES 2:
Anak-anak membuat barisan. Polisi menyiapkan karton berbentuk lampu lalulintas (merah, hijau, kuning). Sambil nyanyi “Jalan Serta Yesus” anak-anak memperhatikan rambu lalu lintas yang ditunjukkan polisi. Polisi boleh mengangkat lampu hijau, kuning, atau merah, bisa juga ditambah rambu yang lain, misalnya belok kanan, belok kiri, dll.
Polisi: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bertugas lagi, tetap semangat, rajin belajar dan selalu taati peraturan lalulintas.
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini: " WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE, (WAKTU AKU TAAT, AKU TIDAK CELAKA)”
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....(polisi keluar)

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuhan Yesus....

LAGU:
- Lagu tema
- Kudaki-daki
- Bila ku hadap kanan
- Mata Tuhan melihat
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Nabi Nuh
- Firman Tuhan Kudengar
DOA FIRMAN
Drama sebelum cerita
(Pembawa Firman masuk dengan mengenakan mantel hujan dan payung), Hai adik-adik! Apa kabar?...Wah hari ini kakak mau berangkat ke sekolah, tapi karena sudah mulai gerimis, kakak disuruh mama untuk pakai jas hujan dan….(sambil menunjuk sebuah payung, biarkan anak-anak yang menjawabnya). Kata mama, kalau hujan seperti ini aku harus pakai jas hujan dan payung, supaya baju dan sepatuku tidak basah dan yang paling penting supaya aku tidak sakit. Eh…tapi ternyata ada juga loh yang tidak mau taat/ nurut sama mamanya. Trus gimana ya akhirnya? Yuk kita simak ceritanya.

Mama Jack..Ayo bangun nak, udah jam enam. Nanti kamu telat loh.
Jack Aduh…bentar lagi deh ma… masih gelap kok…!lima menit lagi deh ma…
Mama Jack…sekarang lagi mendung, makanya langitnya kelihatan gelap. Kalau kamu tidak cepat nanti kamu bisa kehujanan loh…ayo bangun donk, bentar lagi Jill mau jemput tuh.
Jack Iya..iya… ini udah dibuka matanya (posisi masih tidur)
Mama Oh iya Jack, sekarang kan lagi musim hujan, mama udah siapin jas hujan dan payung. Jangan lupa dibawa ya Jack. Trus nanti jangan lupa sarapan dan sikat giginya ya, supaya kamu nanti tidak lapar dan bau mulut. Oh iya, mama harus ke sekolah adik kamu sekarang, mama berangkat dulu ya, jangan lupa dibawa jas hujan dan payungnya ya Jack supaya kamu tidak kehujanan dan sakit.
Jack Iya mama, Jack gak bakalan lupa deh tenang aja. (Dalam posisi tetap tertidur, tiba-tiba terdengar suara Jill yang memanggil Jack untuk berangkat sekolah, Jack yang kaget langsung terbangun terburu-buru, sampai lupa makan, mandi, dan gosok gigi).
Jill Jacky..Jacky..Jacky..aduh lama banget sih, jangan-jangan masih tidur lagi? Jacky..Ja..
Jack Iya..iya ada apa sih (keluar dengan santai) masih pagi udah teriak-teriak. Eh..(sambil melihat penampilan Jill)…haha..ha…ha.. (tertawa terbahak-bahak), Jill! Kamu ngapain pake jas hujan dan bawa payung, cuaca masih terang begini,

Jill (Menutup hidungnya) Jack…Jack…stop..stop! kamu belum sikat gigi ya? Tadi pas kamu tertawa mulut kamu bau sekali!
Jack Enak aja, udah tau, itu bau mulut kamu kali!
Jill Tidak kok, nih ya..Hah..Hah..sambil mengeluarkan nafas mulutnya, tuh kan gak bau, malahan wangi jeruk, karena aku gosok gigi pake odol rasa jeruk, coba kamu, berani gak cium bau mulut kamu sendiri?
Jack Berani! Nih ya..Hah..hah…(Jack tiba-tiba jatuh pingsan)
Jill Jack…Jack..tuh kan bener, kamu belum gosok gigi, ya udah yuk kita berangkat sekolah, nanti kita bisa terlambat nih. Yuk…
(Pemain keluar dari panggung)
(Adegan Saat pulang sekolah) (BERIKAN TANDA PAKAI KARTON atau tayang di Multi Media)
Jill Jack, di luar hujan loh! Kamu bawa jas hujan dan payung tidak?
Jack Ah ngapain, aku lari sebentar aja juga udah nyampe di rumah. Repot lagi pakai jas hujan dan payung.
Jill Ntar kamu sakit loh! Kita berdua aja yuk payungannya.
Jack Aduh…duh…(sambil memegang perutnya).
Jill Lho, kamu kenapa Jack? Sakit perut ya?
Jack Iya nih, lapar sekali, perutku jadi sakit.
Jill Tuh kan! Coba tadi kamu sarapan pagi, gak bakalan lapar deh.
Jack Iya nih, eh…aduh..duh..kok gigiku jadi ngilu ya (sambil memegang pipinya)..aduh..mama…sakit
Jill Tuh kan! Coba kamu tadi pagi sikat gigi, pasti sekarang kamu gak sakit, Ya uda yuk, aku antarin kamu ke rumah sekarang, supaya kamu bisa cepat-cepat ke rumah sakit sama mama kamu, yuk!
Jack Jill, terima kasih ya (sambil memegang pipinya dan perutnya) aku janji deh mau taat sama mama, kalau disuruh sikat gigi, sarapan, dan bawa payung, supaya aku selamat, tidak kena hujan dan kena penyakit!
Jill Betul itu Jack, yuk, kita pulang!
(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau kita, kita terhindar dari bahaya, sakit, dll. Kalau kita taat pasti selamat)
Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita NUH dan keluarganya yang taat, mendapat keselamatan dari bencana air bah yang menghancurkan seluruh bumi. (Bahan Kejadian 7 dan 8). Ceritakan sampai air bah datang dan mereka selamat.
AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
DOA
AKTIFITAS:
Kalau masih ada waktu bisa membuat aktifitas dengan kertas origami: membuat perahu atau payung.
MC:
Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang minggu ini, ““AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)””.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.
Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman

Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.
KURIKULUM MINGGU 2
View detail
SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Selamat Datang Di Blog Kurikulum Sekolah Minggu (GRATIS)

Shaloom, Kakak-Kakak pembina anak/Guru Sekolah Minggu.
Selamat datang di blog ini. Siapapun Anda, dari denominasi gereja apa pun, anda diterima di sini.
Menyadari minimnya kurikulum dan kalaupun ada harganya sangat mahal, makanya saya sengaja buat kurikulum ini, untuk sahabat-sahabat yang ingin membuat sekolah minggunya/acara ibadah anaknya lebih aktif dan kreatif. Semua yang ada di blog ini gratis. Tidak perlu bayar. Tapi tetap menjaga kaidah murid Yesus yang sejati, bila ingin menerbitkannya dalam bentuk buku, sebagian atau seluruhnya, dan untuk dijual, mohon dengan sangat menghubungi saya terlebih dahulu, agar tidak ada persoalan di kemudian hari.

Untuk menghindari pembajakan karya cipta, saya sengaja tidak melampirkan alat peraga di sini, kakak-kakak bisa memesannya dalam bentuk CD atau request via email.

Akhir kata, semoga apa yang saya berikan ini menjadi berkat bagi kakak-kakak pembina/guru sekolah minggu semua. Tuhan Yesus Memberkati

Salam dan Doa

Kak Yudi
Selamat Datang Di Blog Kurikulum Sekolah Minggu (GRATIS)

Shaloom, Kakak-Kakak pembina anak/Guru Sekolah Minggu.
Selamat datang di blog ini. Siapapun Anda, dari denominasi gereja apa pun, anda diterima di sini.
Menyadari minimnya kurikulum dan kalaupun ada harganya sangat mahal, makanya saya sengaja buat kurikulum ini, untuk sahabat-sahabat yang ingin membuat sekolah minggunya/acara ibadah anaknya lebih aktif dan kreatif. Semua yang ada di blog ini gratis. Tidak perlu bayar. Tapi tetap menjaga kaidah murid Yesus yang sejati, bila ingin menerbitkannya dalam bentuk buku, sebagian atau seluruhnya, dan untuk dijual, mohon dengan sangat menghubungi saya terlebih dahulu, agar tidak ada persoalan di kemudian hari.

Untuk menghindari pembajakan karya cipta, saya sengaja tidak melampirkan alat peraga di sini, kakak-kakak bisa memesannya dalam bentuk CD atau request via email.

Akhir kata, semoga apa yang saya berikan ini menjadi berkat bagi kakak-kakak pembina/guru sekolah minggu semua. Tuhan Yesus Memberkati

Salam dan Doa

Kak Yudi
SELAMAT DATANG
View detail
LINK LAGU-LAGU SEKOLAH MINGGU

LINK LAGU-LAGU SEKOLAH MINGGU

Berikut ini lagu-lagu yang bisa dijadikan koleksi untuk sekolah minggu:
Download dari link berikut ini (UPDATE)

1. Ole-Ole (Oleh Kasih Tuhan)
2. Kalau Kau Bersukacita Nyanyilah
3.Sekolah Minggu Paling Yahud
4.Tuhan Yesus Sayang Kita Semua
5. CILUKBA: Kecil-Kecil Untuk Bapa
6. STOP, Berhenti Berbuat Dosa
7. Tak Pernah Tuhan Tinggalkanku
8. Keluarga Bahagia (Papa Cinta Yesus)
9. Tuhanlah Yang Ciptakan
10. Hatiku Yang Hitam Glap
11.Yesus Tuhanku
12. Yesus Gembala Yang Baik
13. Doa Sebelum Tidur
14. Bapa Ajarku Berdoa
15. Kasih Yesus
16. Bersuka Dalam Tuhan
17. Firman Tuhan Kudengar
18. Sobat Terbaikku
19. Kau Yang Ajaib
20. Hanya Ada Satu Tuhan
21. Kuingin Dengar Cerita 
22. Aku Semakin Cinta
23. Anak-Anak Milik Kristus
24. Jadikan Aku TerangMu Tuhan
25. Mari Tuhan Berfirmanlah (seperti Samuel Kecil)
26. Maka PerkataanMu Telah Kutanam Dalam Hatiku
27. Yeremia 17 (Berbahagialah Yang Mengandalkan Tuhan)
LINK LAGU-LAGU SEKOLAH MINGGU
View detail
KURIKULUM MINGGU 1

KURIKULUM MINGGU 1

KRU:
1. MC
2. Bintang tamu: Pawang/pelatih akrobat gajah (pakai baju coklat dan topi koboi, serta cambuk)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman

TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak dapat mengerti apa arti TAAT
dan jika ia taat jadi anak hebat.

MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini adalah ketaatan.Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...

T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: "AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.

MC: Sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya???
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Pawang Gajah (bertugas memimpin games dan icebreaker)
GAMES 1 :
Bombom berkata
Permainan ini dimainkan dengan cara guru menyebutkan perintah yang harus dilakukan oleh anak, dengan gerakkan, syaratnya di awal perintah, guru mengatakan “Bombom berkata….mis: lompat 2 kali di tempat, bertepuk tangan dsb. Anak-anak harus melakukan perintah tersebut sebagai tanda dari ketaatan mereka. Tetapi jika guru hanya mengatakan perintah tanpa disertai “Bombom berkata” maka perintah tersebut jangan dilakukan, dan jika melakukannya anak mendapat hukuman.(hukuman tergantung pada kebijakan guru)

GAMES 2:
Perintah 1: Ikuti gerakan saya, jangan ikuti kata-kata saya.
Nyanyikan lagu: Tangan ke depan, tangan ke samping, tangan ke atas, ayo tepuk tangan
Pawang gajah menyanyikan lagu ini dengan gerakan yang berlainan dengan kata-kata dalam lagunya.
(mis: tangan ke atas, tapi gerakannya tangan ke bawah, dst..)
Perintah 2: Ikuti kata-kata saya, jangan ikuti gerakan saya.
sama dengan perintah 1, hanya anak-anak harus ikut kata-katanya, bukan gerakannya. Pawang gajah menyanyi dengan gerakan yang berbeda dengan kata-kata lagunya.
Anak-anak yang tidak mengikuti perintah, bisa diberi sangsi maju ke depan menyanyi atau menari...atau yang paling bisa taat dapat hadiah.

Pawang Gajah: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bekerja melatih gajah,
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini:
"AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuahan Yesus....

LAGU:
Nyanyikan lagu tema
- Anak-Anak Milik Kristus
- Anak Skolah Minggu dengar-dengaran
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Mata Tuhan Melihat
- Kumau spertiMu Yesus

CERITA
Si Bombom Gajah yang Taat”

Selamat datang adik-adik. Hari ini kita semua akan memasuki perkampungan gajah (tunjukkan gambar gajah bisa pakai multimedia atau dibuat di kertas karton). Ayo siapa yang tahu gajah tinggalnya dimana?....hutan (benar), gajah itu tinggalnya di hutan, dan siapa yang tahu makanan gajah itu apa?.....(apa .. nasi goreng…! sambil bercanda, salah), yang benar adalah rumput dan tumbuh-tumbuhan. Nah…. tahu tidak, kita keperkampungan gajah mau apa….!, kita ke sini mau ketemu Bombom yaitu si gajah kecil yang selalu taat.

(Sebelum cerita dimulai, kakak/guru terlebih dahulu menjelaskan definisi KETAATAN). Ketaatan adalah: Mendengarkan, Melakukan perintah dengan segera dan dengan senang hati melaksanakan perintah dari orang- orang yang bertanggung jawab atas kita. (murid diajak menirukan dan menghafal defenisi Ketaatan dan disetiap pertemuan selanjutnya mereka juga harus tetap diingatkan defenisi ketaatan sampai akhir dari tema ketaatan).

Nah…. Bombom ini adalah gajah yang paling kecil diantara saudara-saudaranya. Dia selalu taat kepada Orangtua dan kakak- kakaknya. Suatu saat, Bombom diambil oleh seseorang untuk dijadikan gajah sirkus. Setiap hari ia dilatih supaya nantinya menjadi gajah sirkus yang hebat. Bombom selalu TAAT mendengar dan melaksanakan perintah pelatihnya. Bombom juga punya teman yaitu Tamtam, tapi Tamtam selalu menganggap dirinya yang terhebat, sehingga dia tidak mau taat dan menganggap semuanya mudah dan semua bisa dia lakukan.

Suatu ketika kelompok sirkus ini melakukan pertunjukkan yang besar, dan yang menjadi bintang pertunjukannya adalah Tamtam dan si….. (kakak/guru bertanya pada murid) ya… dia adalah si Bombom. Tamtam dan Bombom dengan bergantian mulai melakukan atraksi-atraksinya. Tamtam mulai mencoba atraksi yang pertama yaitu duduk diatas kursi, ia berhasil dan Bombom pun mulai melakukan atraksi yang sama dan ia pun berhasil dengan hebat. Kemudian Tamtam mencoba melakukan atraksi yang ke dua, yaitu menendang bola masuk kedalam gawang, ia pun berhasil melakukannya. Bombom juga melakukan hal yang sama, dan hasilnya pun memuaskan. Akhirnya mereka berdua pun akan melakukan atraksi yang terakhir dan atraksi ini adalah atraksi yang ditunggu-tunggu oleh para penonton.

Mereka berdua pun melakukan atraksi yang terakhir, mereka harus menggelindingkan bola dengan kaki depannya. Kali ini Bombom yang mempunyai kesempatan untuk terlebih dulu melakukan atraksi ini dan Bombom pun berhasil menyelesaikannya dengan baik, dan penonton pun menyambut dengan tepuk tangan yang sangan meriah. Selanjutnya Tamtam pun melakukan atraksi yang serupa, akan tetapi ….. ups…sss….. Tamtam terjatuh dan ia dinyatakan tidak berhasil melakukan atraksi tersebut alias G-A-G-A-L gagal, dan itu menyebabkan ia merasa malu dan juga kesakitan, karena terjatuh. Kakak/guru bertanya pada murid “kenapa Bombom bisa berhasil dan kenapa Tamtam gagal?” Karena Bombom taat pada perintah pelatihnya, sedangkan Tamtam tidak berhasil karena ia tidak taat pada pelatihnya.

(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau taat bisa berhasil dan jadi yang terhebat, sedangkan kalau tidak taat sebaliknya ia akan gagal).

Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita Janda Nabi Yang Taat. II Raja-Raja 4:1-7. Karena taat, ia dan anak-anaknya mendapatkan keberhasilan.

AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
MC:Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang kedua, “WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE!AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT”.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.

Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman
Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.

Sebelum Pulang ingatkan kembali slogan hari ini:WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE! AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT
KRU:
1. MC
2. Bintang tamu: Pawang/pelatih akrobat gajah (pakai baju coklat dan topi koboi, serta cambuk)
3. Pemimpin Pujian
4. Pembawa Firman

TEMA: OBIDENCE (KETAATAN)
TUJUAN/SASARAN:
Supaya anak dapat mengerti apa arti TAAT
dan jika ia taat jadi anak hebat.

MC: Selamat pagi Adik-adik, Tema kita minggu ini adalah ketaatan.Nah, supaya kalian ingat selalu apa yang sedang kita pelajari minggu ini, yuk kita nyanyikan lagu ini...

T-A-A-T, TAAT
T-A-A-T, TAAT
SAYA MAU SPERTI YESUS
T-A-A-T, TAAT

O-B-E-Y, OBEY
O-B-E-Y, OBEY
I WANT TO BE LIKE JESUS
O-B-E-Y, OBEY

Music: Show tune/ March
Tempo: 130
Nada dasar: G

MC: Nah, gampang kan lagunya..
Minggu ini kita juga punya slogan atau password. Yuk kita ucapkan bersama-sama

SLOGAN: "AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
Sebelum mulai acara, games, sebelum cerita serta sesudah cerita jangan lupa ucapkan slogan ini.

MC: Sebelum kita mulai ibadah kita, hari ini kita kedatangan seorang tamu. Siapa dia ya???
Kita panggil saja deh...Ini dia...

Pawang Gajah (bertugas memimpin games dan icebreaker)
GAMES 1 :
Bombom berkata
Permainan ini dimainkan dengan cara guru menyebutkan perintah yang harus dilakukan oleh anak, dengan gerakkan, syaratnya di awal perintah, guru mengatakan “Bombom berkata….mis: lompat 2 kali di tempat, bertepuk tangan dsb. Anak-anak harus melakukan perintah tersebut sebagai tanda dari ketaatan mereka. Tetapi jika guru hanya mengatakan perintah tanpa disertai “Bombom berkata” maka perintah tersebut jangan dilakukan, dan jika melakukannya anak mendapat hukuman.(hukuman tergantung pada kebijakan guru)

GAMES 2:
Perintah 1: Ikuti gerakan saya, jangan ikuti kata-kata saya.
Nyanyikan lagu: Tangan ke depan, tangan ke samping, tangan ke atas, ayo tepuk tangan
Pawang gajah menyanyikan lagu ini dengan gerakan yang berlainan dengan kata-kata dalam lagunya.
(mis: tangan ke atas, tapi gerakannya tangan ke bawah, dst..)
Perintah 2: Ikuti kata-kata saya, jangan ikuti gerakan saya.
sama dengan perintah 1, hanya anak-anak harus ikut kata-katanya, bukan gerakannya. Pawang gajah menyanyi dengan gerakan yang berbeda dengan kata-kata lagunya.
Anak-anak yang tidak mengikuti perintah, bisa diberi sangsi maju ke depan menyanyi atau menari...atau yang paling bisa taat dapat hadiah.

Pawang Gajah: Wah seru ya mainnya...tapi sudah waktunya bapak bekerja melatih gajah,
jangan lupa kita ucapkan slogan kita hari ini:
"AKU ANAK TAAT, AKU ANAK HEBAT (I’M OBEY, I’M GREAT)"
sampai ketemu lagi di lain waktu ya...da...da....

(PEMIMPIN PUJIAN MASUK)
Shaloom adik-adik...semua bersukacita hari ini? Semua siap jadi anak taat...
Berikan tepuk tangan yang meriah kepada Tuahan Yesus....

LAGU:
Nyanyikan lagu tema
- Anak-Anak Milik Kristus
- Anak Skolah Minggu dengar-dengaran
- Hati-hati gunakan tanganmu
- Mata Tuhan Melihat
- Kumau spertiMu Yesus

CERITA
Si Bombom Gajah yang Taat”

Selamat datang adik-adik. Hari ini kita semua akan memasuki perkampungan gajah (tunjukkan gambar gajah bisa pakai multimedia atau dibuat di kertas karton). Ayo siapa yang tahu gajah tinggalnya dimana?....hutan (benar), gajah itu tinggalnya di hutan, dan siapa yang tahu makanan gajah itu apa?.....(apa .. nasi goreng…! sambil bercanda, salah), yang benar adalah rumput dan tumbuh-tumbuhan. Nah…. tahu tidak, kita keperkampungan gajah mau apa….!, kita ke sini mau ketemu Bombom yaitu si gajah kecil yang selalu taat.

(Sebelum cerita dimulai, kakak/guru terlebih dahulu menjelaskan definisi KETAATAN). Ketaatan adalah: Mendengarkan, Melakukan perintah dengan segera dan dengan senang hati melaksanakan perintah dari orang- orang yang bertanggung jawab atas kita. (murid diajak menirukan dan menghafal defenisi Ketaatan dan disetiap pertemuan selanjutnya mereka juga harus tetap diingatkan defenisi ketaatan sampai akhir dari tema ketaatan).

Nah…. Bombom ini adalah gajah yang paling kecil diantara saudara-saudaranya. Dia selalu taat kepada Orangtua dan kakak- kakaknya. Suatu saat, Bombom diambil oleh seseorang untuk dijadikan gajah sirkus. Setiap hari ia dilatih supaya nantinya menjadi gajah sirkus yang hebat. Bombom selalu TAAT mendengar dan melaksanakan perintah pelatihnya. Bombom juga punya teman yaitu Tamtam, tapi Tamtam selalu menganggap dirinya yang terhebat, sehingga dia tidak mau taat dan menganggap semuanya mudah dan semua bisa dia lakukan.

Suatu ketika kelompok sirkus ini melakukan pertunjukkan yang besar, dan yang menjadi bintang pertunjukannya adalah Tamtam dan si….. (kakak/guru bertanya pada murid) ya… dia adalah si Bombom. Tamtam dan Bombom dengan bergantian mulai melakukan atraksi-atraksinya. Tamtam mulai mencoba atraksi yang pertama yaitu duduk diatas kursi, ia berhasil dan Bombom pun mulai melakukan atraksi yang sama dan ia pun berhasil dengan hebat. Kemudian Tamtam mencoba melakukan atraksi yang ke dua, yaitu menendang bola masuk kedalam gawang, ia pun berhasil melakukannya. Bombom juga melakukan hal yang sama, dan hasilnya pun memuaskan. Akhirnya mereka berdua pun akan melakukan atraksi yang terakhir dan atraksi ini adalah atraksi yang ditunggu-tunggu oleh para penonton.

Mereka berdua pun melakukan atraksi yang terakhir, mereka harus menggelindingkan bola dengan kaki depannya. Kali ini Bombom yang mempunyai kesempatan untuk terlebih dulu melakukan atraksi ini dan Bombom pun berhasil menyelesaikannya dengan baik, dan penonton pun menyambut dengan tepuk tangan yang sangan meriah. Selanjutnya Tamtam pun melakukan atraksi yang serupa, akan tetapi ….. ups…sss….. Tamtam terjatuh dan ia dinyatakan tidak berhasil melakukan atraksi tersebut alias G-A-G-A-L gagal, dan itu menyebabkan ia merasa malu dan juga kesakitan, karena terjatuh. Kakak/guru bertanya pada murid “kenapa Bombom bisa berhasil dan kenapa Tamtam gagal?” Karena Bombom taat pada perintah pelatihnya, sedangkan Tamtam tidak berhasil karena ia tidak taat pada pelatihnya.

(Tujuan dari cerita ini adalah untuk mengingatkan mereka bahwa kalau taat bisa berhasil dan jadi yang terhebat, sedangkan kalau tidak taat sebaliknya ia akan gagal).

Setelah cerita ilustrasi ini, Kakak-kakak bisa lanjutkan dengan cerita Janda Nabi Yang Taat. II Raja-Raja 4:1-7. Karena taat, ia dan anak-anaknya mendapatkan keberhasilan.

AYAT HAFALAN: Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.
MC:Mengulang Slogan yang harus dihafalkan pada pertemuan yang kedua, “WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE!AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT”.Pembagian “Reward” bagi anak-anak yang memenuhi Kriteria Karakter yang sudah ditentukan oleh guru hari ini.

Ketentuan menerima reward:
1. Turut kata guru
2. Mengikuti semua acara ibadah dengan sungguh-sungguh
3. Antusias dan tidak mengganggu teman
Reward bisa berupa point, yang bisa dikumpulkan dan dibuat belanja pada akhir tahun/6 bulan sekali bazaar.

Sebelum Pulang ingatkan kembali slogan hari ini:WHEN I OBEY, I WILL BE SAFE! AKU TAAT, AKU ANAK HEBAT
KURIKULUM MINGGU 1
View detail
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kurikulum sekolah minggu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger